Kamis, 14 Juli 2016

GEMA CERMAT

Swamedikasi (Pengobatan Sendiri) yang selama ini sering dilakukan masyarakat secara kebablasan dapat menyebabkan tujuan pengobatan tidak tercapai apabila dilakukan dengan tidak tepat dan tidak disertai dengan informasi yang memadai. Untuk itu masyarakat memerlukan informasi yang akurat dan dapat dipercaya, sehingga penentuan jenis dan jumlah obat yang diperlukan harus berdasarkan kerasionalan penggunaan obat. Disamping itu masyarakat harus memahami cara penggunaan, penyimpanan dan pembuangan obat secara benar di rumah tangga.

Untuk itu Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah mencanangkan gerakan Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat). Perlu kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak agar gerakan ini dapat berjalan baik dan berguna bagi masyarakat, khususnya dari tenaga kefarmasian. Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasin yang bekerja di bidang pelayanan kefarmasian diharapkan dapat ikut mensukseskan gerakan ini dengan ikut secara aktif memberikan informasi tentang obat kepada masyarakat. Hal ini juga perlu didukung dengan peningkatan pengetahuan secara berkelanjutan tentang kefarmasian, semangat untuk melayani masyarakat, serta kehadiran tenaga kefarmasian di setiap pelayanan kefarmasian yang dilakukan. Pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh tenaga selain Tenaga Kefarmasian yang tidak kompeten akan menurunkan standar pelayanan kefarmasian.


Dengan gerakan ini diharapkan rasionalitas dalam penggunaan obat dapat ditingkatkan, sehingga tujuan pengobatan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Di bawah ini kami cantumkan beberapa petunjuk dasar tentang penggunaan obat dan penggolongan obat yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Untuk melihatnya dapat mengikuti link di bawah ini :

  1. Buku Saku Cara Penggunaan Obat
  2. Buku Saku Penggolongan Obat
Untuk Tenaga Kefarmasian yang ingin mensukseskan gerakan ini dapat ikut menyebarkan informasi gerakan ini dalam berbagai media seperti poster, banner atau dalam bentuk merchandise (pin, kaos, gantungan kunci, dll). Dibawah ini kami cantumkan beberapa desain merchandise untuk mensukseskan gerakan Gema Cermat, sekaligus untuk menarik pelanggan ke tempat pelayanan kefarmasian yang anda miliki.


Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar