Selasa, 17 Maret 2015

Rapat Konsultasi Nasional Binfar-Alkes 2015

Rapat Konsultasi Nasional Program  Kefarmasian  dan  Alat Kesehatan  Regional I,  diadakan di Padang, Sumatera  Barat pada  tanggal  16-18 Maret 2015. Mengambil tema Pemantapan pelaksanaan program Kefarmasian dan Alat Kesehatan dalam  mendukung ketersediaan obat dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Dihadiri oleh wakil-wakil dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten / Kota dari pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Dibuka oleh Dirjen Binfar dan Alkes Kementerian Kesehatan RI.

Topik hangat  yang dibicarakan dalam Rapat Konsultasi  Nasional ini diantaranya adalah :
1. Renstra Kementerian Kesehatan 2015-2019
2. Peningkatan Pelayanan Kefarmasian yang  sesuai standar dan Penggunaan Obat Rasional di Puskesmas dan Rumah Sakit.
3. Pengendalian Gratifikasi di lingkungan  Kementerian Kesehatan.
4. Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan bersumber dana JKN, dengan dikeluarkannya PP nomor 4 tahun 2015.
5. Team Base Tenaga Kesehatan di Puskesmas dalam  mendukung program Nusantara Sehat.
6. Melakukan update terhadap Formularium Nasional,  Kompendium Alat Kesehatan dan Daftar E-Katalog.
7. Pengembangan Obat Tradisional di masyarakat yang berbentuk UJG dan UJR melalui Gerakan Masyarakat Bugar Dengan Jamu (GEMAS BUDE JAMU) dan PED di Provinsi.
8. Merintis kerjasama dengan Universitas Terbuka untuk meningkatkan pendidikan Asisten  Apoteker yang masih berlatar pendidikan SMF menjadi D3, sesuai dengan amanat Undang - Undang Tenaga Kesehatan.
9. Mengkoordinasikan perizinan sarana produksi dan distribusi obat, alat kesehatan dan PKRT, yg nantinya akan dikeluarkan oleh badan  pelayanan terpadu satu pintu dengan rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat.

Pada Rapat Konsultasi Nasional ini diserahkan penghargaan untuk provinsi di wilayah barat yang realisasi Dana Alokasi Khususnya untuk tahun 2014 tertinggi,  yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Lampung.

Dengan Rapat Konsultasi Nasional ini diharapkan dapat semakin meningkatkan Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar